Pengertian Kayu Dan Sifatnya

Pengertian Kayu Dan Sifatnya. Kayu adalah bagian batang atau cabang serta ranting tumbuhan yang mengeras karena mengalami lignifikasi (pengayuan). Fungsi dari kayu sendiri sangat banyak seperti Kayu digunakan untuk berbagai keperluan diantaranya kayu dijadikan bahan bakar untuk memasak, membuat barang barang perabotan rumah tangga (meja, kursi, lemari, tempat tidur, hiasan dinding, alat memasak).





Selain itu banyak juga dari jenis kayu tertentu yang di jadikan sebagai bahan bangunan seperti (pintu, jendela, rangkaatap, ventilasi) dan ada juga jenis kayu uang dijadikan sebagai bahan untuk memproduksi kertas, dan masih banyak lagi. Penyebab terbentuknya kayu adalah akibat akumulasi selulosa dan lignin pada dinding sel berbagai jaringan di batang. Pada kayu terjadi peroses perubahan dimensi secara alami.

Kayu akan mengelami perubahan dimensi setelah ditebang, perubahan dimensi pada kayu ini terdiri dari pengembangan dan penyusutan. Perubahan dimensi pada kayu ini menyebabkan banyak orang untuk menciptakan alat alat yang dapat memanipulasi lingkungan sekitar kayu agar kayu tidak mengalami kembang susut yang sangat besar salah satunya adalah seperti oven kayu.

Selain itu keawetan ketahanan kayu terhadap serangan juga sangat diperhatikan dalam dunia industri usaha seperti meubel. Terdapat beberapa dari jenis kayu yang memiliki zat ekstraktif yang mampu menahan serangan dari hama perusak kayu seperti rayap maupun seranggaperusak kayu lainnya contohnya seperti kayu jati.

Kelebihan inilah yang menjadikan kayu jati banyak di cari dan dibudidayakan untuk keperluan industri meubel. Selain itu juga tekstur serat dari kayu jati ini yang sangat padat sehingga menyebabkan pengerjaanya semakin mudah untuk dijadikan seperti patung, ukiran kaligrafi dan lainya.

Walaupun kayu jati sudah memiliki zat ekstraktif yang mampu menahan serangan hama perusak kayu, akan tetapi zat ini dimiliki pada kayu yang memiliki usia yang sudah tua tentunya. Sehingga pada kayu jati yang ditebang ketika usianya belum cukup tua, pada kayu tersebut sebenarnya sudah memiliki zat ekstraktif, namun tidak seperti kayu jati yang usianya sudah tua, sehingga perlu dilakukanya pengawetan kayu menggunakan cairan cairan kimia sebagai pencegah serangan hama perusak kayu. Jenis jenis cairan pengawet kayu juga sekarang mudah didapat contohnya seperti menggunakan solar.

Nah itulah sedikit informasi mengenai pengertian kayu dan manfaatnya, semoga dapat bermanfaat.

Related Posts:

0 Response to "Pengertian Kayu Dan Sifatnya"

Posting Komentar