Cara Mengawetkan Kayu Yang Ampuh

Cara Mengawetkan Kayu Yang Ampuh. Pengawetan kayu pada umumnya bertujuan untuk meningkatkan kualitas pada kayu itu sendiri agar terhindar dari berbagai serangan hama perusak kayu seperti rayap, jamur kayu, ataupun serangga yang dapat merusak kualitas kayu.

Pada jenis jenis kayu tertentu ada yang memiliki zat ekstaraktif yang dapat membuat kayu tersebut dapat terlindung dari serangan hama yang dapat merusak kualitas kayu contohnya seperti kayu jati yang ditebang pada saat umur pohonya sudah tua. Namun untuk saat ini karena kebutuhan kayu semakin terus meningkat, sehingga daur penebangan kayu dipercepat untuk memenuhi permintaan kayu tersebut. Akibatnya pohon pohon yang ditebang pada saat belum mencapai waktunya akan menghasilkan kayu yang sangat rentan terkena serangan hama perusak kayu.

sumber : bioindustries.co.id
Karena Hal inilah sehingga menyebabkan kayu yang telah ditebang harus dilakukan proses pengawetan agar terhindar dari hama perusak kayu. Untuk saat ini banyak sekali metode pengawetan kayu yang dilakukan untuk menghindari serangan hama perusak kayu yang banyak dlakukan banyak orang adalah sebagai berikut.

1. Menggunakan solar atau oli
Cara pengawetan kayu dengan cara mengoleskan kayu menggunakan solar atau oli ini merupakan cara yang paling sederhana yang banyak dilakukan karena selain harganya yang bisa dibilang cukup murah bahan pengawetnyapun mudah didapatkan. Dengan cara ini terbukti cukup ampuh untuk melindungi kayu dari serangan hama perusak kayu, namun cara ini banyak dilakukan hanya untuk kayu yang digunakan sebagai bahan bangunan atau konstruksi.

2. Dengan cara perendaman
Metode pengawetan kayu yang satu ini merupakan cara lama yang banyak digunakan oleh banyak orang dari zaman dahulu hingga saat ini. Cara ini juga terbukti sangat efektif untuk menigkatkan kualitas keawetan dari kayu akan tetapi cara ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat menghasilkan keawetan kayu agar terhindar dari serangan hama.

3. Menggunakan cairan pengawet kayu
Cara ini banyak digunakan untuk jenis jenis kayu yang digunakan untuk berbagai keperluan alat rumah tangga seperti barang meubel. Saat ini sudah banyak sekali produk cairan pengawet kayu yang berbahan kimia namun juga ramah lingkungn yang dipasarkan di berbagai tempat di indonesia. Cara ini juga terbukti efektif untuk melindungi kayu kayu yang digunakan untuk pembuatan perabotan rumah tangga dari serangan hama perusak kayu.

Itulah beberapa metode pengawetan kayu yang sangat ampuh dan efektif untuk meningkatkan kualitas kayu dan melindungi kayu dari berbagai serangan hama perusak kayu.

Related Posts:

0 Response to "Cara Mengawetkan Kayu Yang Ampuh"

Posting Komentar