Cara Menanam Cabai Agar Tidak Keriting

Cara Menanam Cabai Agar Tidak Keriting. Cabai merupakan salah satu komoditi hasil pertanian yang banyak dibutuhkan bagi industri makanan baik dalam skala rumah tangga maupun dalam skala besar. Selain itu cabai juga memiliki harga ekonomi yang lumayan tinggi terlebih lagi jika mendekati hari-hari besar seperti bulan puasa dan idul fitri harga cabai dapat mencapai lebih dari 50.000 rupiah. Oleh sebab itu banyak petani di indonesia di berbagai daerah mengembangkan tanaman ini karena harganya yang lumayan tinggi.

sumber : tanobat.com

Akan tetapi banyak dari para petani masih menemui berbagai macam kendala dalam mengembangkan komoditi yang satu ini. Karena tanaman cabai ini sangant rentan terkena hama dan penyakit jika tidak di beri perawatan dengan intensif seperti penyiangan gulma yang tumbuh di sekitar tanaman ini kemudian penanggulangan hama seperti semut, lalu penyakit pada daun cabai yang menyebabkan perubahan betuk daun pada tanaman ini menjadi keriting.

Masih banyak dari para petani yang masih belum dapat menanggulangi penyakit pada daun tanaman cabai ini yaitu terjadinya perubahan bentuk daun yang menjadi keriting namun banyak juga para petani yang mampu mengatasi hal ini.

Berdasarkan pengalaman dan informasi yang telah guwe dapatkan ternyata bahwa untuk dapat menanam tanaman ini agar tumbuh dengan baik adalah dengan cara menanamnya berada di bawah naungan hal ini bertujuan untuk mengurangi intensitas cahaya matahari yang berlebihan. Berdasarkan dari informasi yang telah guwe dapat dari beberapa petani yang menanam cabai pada daerah dataran tinggi, mereka mengatakan bahwa tanaman ini tidak membutuhkan penyinaran cahaya matahari yang berlebihan yang nantinya akan dapat menyebabkan pada perubahan bentuk daun tanaman tersebut.

Oleh karena itu mereka menyarankan jika ingin menghindari hal tersebut, maka salah satu cara dalam menanam tanaman ini harus di beri naungan atau berada di bawah naungan tajuk yang tidak terlalu rapat seperti pada sela-sela tanaman kopi ataupun yang lainnya. Sehingga penyinaran cahaya matahari yang didapatkan tanaman cabai tidak berlebihan. Atau dapat juga diberikan paranet yang diletakkan di atas tanaman cabai untuk menggantikan jika tidak ada tumbuhan yang bisa di jadikan sebagai naungan.

Itulah sedikit pengalaman yang dapat guwe share untuk kalian, Semoga artikel mengenai cara menanam cabai ini dapat bermanfaat.


Related Posts:

0 Response to "Cara Menanam Cabai Agar Tidak Keriting"

Posting Komentar