Waduk Sempor Gombong Kecamatan Kebumen, Ini Trip Guwe


Trip Guwe - Waduk Sempor Gombong Kecamatan Kebumen.  Sahabat guwe, kali ini guwe akan berbagi pengalaman guwe berwisata ke Waduk Sempor yang ada di Desa Gombong, Kecamatan Kebumen Jawa tengah.


Trip guwe kali ini berawal dari informasi dari masyarakat yang ada di Desa Soma Gede yang terletak tak jauh dari waduk tersebut. Kebetulan guwe pada saat itu sedang melakukan kuliah praktek yang merupakan tugas dari kampus yang wajib dilaksanakan. Guwe melakukan kuliah praktek di kawasan hutan produksi yang dikelola oleh Perhutani tepatnya hutan yang dikelola adalah hutan pinus yang berada di wilayah Gombong.

Kuliah praktek ini dilakukan selama 40 hari sehingga guwe harus mengenal masyarakat di tempat kuliah praktek tersebut. Kemudian guwe bersama kelompok yang beranggotakan 7 orang tinggal di rumah dinas milik seorang pegawai perhutani yang dipinjamkan untuk kami tinggali selama 40 hari kedepan. Selama guwe berada disana banyak pengalaman yang sudah didapatkan mengenai pengelolaan hutan yang ada di sana.

Kemudian setelah beberapa hari tinggal di rumah dinas tersebut dan sudah cukup banyak mengenal warga sekitar, guwe mwndapat informasi dari warga tersebut bahwa tak jauh dari tempat tinggal guwe itu ada lokasi wisata yang sudah cukup terkenal yaitu Waduk Sempor.

Waduk sempor ini merupakan waduk yang digunakan oleh masyarakat gombong untuk dijadikan tempat penampungan air. Menurut masyarakat sekitar waduk ini dibangun pada masa penjajahan belanda dengan luasan yang cukup lebar.

Letak waduk ini sangat strategis sehingga dijadikan tempat wisata karena letaknya berada di tengah-tengah hutan pinus yang sangat rimbun sehingga udara yang ada di sana terasa sejuk sekali sehingga sangat menarik untuk di kunjungi.

Selain itu kita juga dapat berkeliling di waduk tersebut menggunakan perahu milik masyarakat yang disewakan untuk berkeliling di waduk tersebut.

Kita dapat menaiki perahu nelayan dengan harga yang cukup murah yaitu kita hanya mengeluarkan biaya naik perahu di waduk sempor dengan 10.000 rupiah dan setelah itu kita dapat berkeliling dengan menikmati berbagai pemandangan yang ada seperti beningnya air yang ada di waduk dan menikmati segarnya udara di sekitar hutan pinus tersebut. Lalu kita dapat melihat warga sekitar yang memanfaatkan waduk tersebut sebagai tempat untuk memelihara ikan menggunakan jaring keramba.

Di sana juga terdapat tempat-tempat yang bisa disewakan sebagai tempat untuk menginap yang letaknya sangat strategis yaitu berapa di perbukitan yang ada di atas waduk itu, sehingga kita dapat melihat view landscape atau bentang alam yang ada di situ seperti waduk yang di sekelilingya adalah hutan pinus waah betapa indahnya pemandangan tersebut.

Namun yang lebih menarik lagi yaitu disana terdapat benda-benda peninggalan sejarah pada saat terjadi penjajahan oleh belanda yang juga dapat dijadikan sebagai wisata edukasi atau pendidikan bagi anak anak seperti pelajar.

Dengan adanya benda-benda bersejarah tadi tentunya menjadi keunikan tersendiri bagi masyarakat yang ingin mengunjungi lokasi wisata ini, karena selain menyuguhkan pemandangan yang indah juga terdapat wisata sejarah yang dapat kita pelajari betapa beratnya para pahlawan indonesia untuk melawan para penjajah yang sudah modern dengan menggunakan alat-alat tempur seperti ini sedangkan para pahlawan hanya menggunakan sebatang bambu runcing demi mempertahankan negara ini.

Hal seperti ini tentunya harus dipertahankan, karena itu dapat dijadikan bukti bagi generasi yang akan datang agar mereka juga dapat mengerti dan menghargai sejarah dan jasa ara pahlawan kita yang dulu berjuang dengan mempertaruhkan nyawa demi kemerdekaan negeri ini.

Oke sahabat guwe demikian sedikit cerita dan pengalaman dari perjalanan guwe mengunjungi keindahan dari Waduk Sempor di Gombong semoga dapat bermanfaat untuk semua dan ingat, jangan melupakan sejarah.

Hastag : Asal Usul Waduk Sempor Gombong | Misteri Waduk Sempor | Tragedi Waduk Sempor | Waduk Sempor Jebol | Video Tragedi Waduk Sempor | Letak Waduk Sempor | Tragedi Sempor Berdarah | Waduk Sempor Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

Related Posts:

5 Responses to "Waduk Sempor Gombong Kecamatan Kebumen, Ini Trip Guwe"

  1. Jadi pengen kesana bareng admin Trip Guwe

    BalasHapus
  2. makasih gan atas kunjungannya
    kapan kita bisa kesana

    BalasHapus
  3. Aku jadi ingat dulu piknik waktu SD pernah ke waduk sempor.
    Wow gede juga aliran pintu air waduknya ..
    Pengin liburan kesana lagi.

    BalasHapus