Dampak Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera

Dampak Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera. Jalan tol merupakan infrastruktur yang sangat penting di berbagai daerah di Indonesia, dengan di bangunnya infrastruktur seperti ini tentunya dapat mempermudah akses menuju ke suatu daerah dengan sangat nyaman. Jika dibandingkan dengan jalan jalan biasa, ruas jalan tol ini juga memiliki ukuran yang lebih besar sehingga dengan adanya jalan tol ini dapat menghindari kemacetan yang terjadi di hari hari besar seperti lebaran dan lainnya.


Selain itu  dengan adanya pembangunan infrastruktur seperti ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian di suatu daerah. Karena dengan adanya jalan tol ini aktivitas perekonomian di suatu daerah dapat berjalan dengan lancar karena infrara struktur merupakan faktor yang sangat penting dalam memperlancar kegiatan perekonomian.

Kali ini guwe akan memberikan sedikit info mengenai dampak pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera yang ada di desa guwe yaitu di Desa Jatimulyo, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan. Beberapa dampak pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera ini sudah mulai terlihat di masyarakat khususnya di desa tempat tinggal guwe ini. Dampak yang ditimbulkan seperti banyaknya perpindahan tempat tinggal masyarakat yang rumahnya terkena penggusuran untuk lokasi jalan tol.

Menambah lapangan pekerjaan masyarakat sekitar, dengan adanya pembangunan seperti ini beberapa masyarakat di desa tempat tinggal guwe ada yang memanfaatkan kesempatan ini untuk membuat beberapa fasilitas seperti warung tempat makan dengan sasaran para pekerja yang bekerja di pembangunan jalan tol ini. Selain itu ada juga beberapa masyarakat sekitar seperti di kalangan pemuda yang menjadi pekerja di proyek pembangunan ini. Sehingga bisa dikatakan dengan adanya pembangunan infra struktur seperti ini dapat memberikan dampak yang positif bagi masyarakat yang ada di sekitar area pembangunan tersebut. Kemudian adanya peralihan jalan yang di lalui oleh masyarakat.

Dampak lainnya yaitu banyak masyarakat yang menjual lahan ataupun rumahnya kepada masyarakat yang mendapat ganti rugi akibat tempat tinggalnya terkena pembangunan jalan tol ini. Nah salah satunya yang terkena dampaknya adalah guwe, sebelumnya rumah guwe ini berada tidak jauh dari lokasi yang akan di buat jalan tol jaraknya hanya sekitar 30 meter. Pada awalnya tidak ada niatan untuk pindah dan menjual rumah tersebut, namun ternyata ada tetangga guwe yang rumahnya bakal terkena penggusuran sehingga rumah guwe akhirnya dibeli oleh tetangga guwe tersebut sehingga guwe harus pindah mencari tempat tinggal baru.

Nah itulah sedikit info dan pengalaman guwe mengenai dampak pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera di Desa Jatimulyo, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan.

Related Posts:

0 Response to "Dampak Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera"

Posting Komentar