Cara Georeferencing Peta Jpg/Jpeg Menggunakan Arcgis

Cara Georeferencing Peta Jpg/Jpeg Menggunakan Arcgis. Kali ini guwe akan sharing kepada kalian tentang bagaiman cara georefrensing pada gambar peta jpg. Georeferencing peta ini tujuanya untuk memberikan titik koordinat pada peta yang sebelumnya berbentuk  jpeg ataupun hasil scanan.

Nah untuk caranya adalah sebagai berikut.

1. Buka aplikasi arcgis kalian, kemudian jika sudah terbuka masukan file gambar peta yang akan di georefrensing melalui Add data. Klik add data dan kemudian cari file gambar kalian setelah itu klik add pada pojok kanan bawah lalu klik ok.


2. Stelah gambar peta muncul di layer, klik add control point, kemudian akan muncul tanda + pada kursor. Setelah muncul tanda +, letakkan tanda + ini tepat di tengah tengah persimpangan antara garis bujur dan lintang. Agar meletakkanya tepat di tengah kalian harus perbesar petanya. Setelah tanda + berada di tengah persimpangan garis bujur dan lintang kemudian  klik kanan kiri lalu pilih input x dan y.


Lalu akan muncul enter cordinate, kemudian Isilah kolom x dengan memasukkan angka yang terdapat pada ujung garis bujur yang kalian tandai dengan tanda + sebelumnya, begitu pada kolom y dengan memasukkan angka yang terdapat pada ujung garis lintang yang kalian tandai dengan tanda + sebelumnya, setelah itu klik Ok.

3.    Lakukan cara tersebut sebanyak 4 kali pada setiap persimpangan garis bujur dan lintang yang ada di gambar peta pada layer


Setelah itu jika sudah selesai dan pada 4 persimpangan garis yang kalian tandai tadi sudah ada bekas tanda + dan nomornya itu berarti sudah selesai dan setelah itu klik view link table, lalu simpan dengan cara klik gambar disket di pojok kiri atas lalu namai folder tersebut lalu simpan folder sesuai keinginan kalian dan klik ok.

Nah jika kalian salah menempatkan tanda + dan kalian ingin mengulanginya, kalian bisa klik kanan pada tanda + lalu pilih cancel point. Namun bila kalian salah menempatkan tanda + dan kalian sudah terlanjur mengisi kolom x dan y dan sudah di ok kalian bisa mengulanginya dengan cara klik view link table lalu kalian blok pada nomor yang salah kemudian tekan tombol delete lalu tanda + yang salah tadi akan hilang dan kalian dapat mengulanginya kembali.

Selain itu jika aplikasi arcgis tiba tiba log out sendiri setelah kalian klik ok sesudah kalian mengisi kolom x dan y tadi, itu berarti laptop kurang mendukung. Namun hal tersebut tidak masalah kalian dapat mengulanginya dengan membuka aplikasi arcgis kembali dan melakukan cara yang sama seperti diatas. 

Nah itulah sedikit dari pengalaman guwe yang bisa guwe share buat kalian tentang Cara Georeferencing Menggunakan Arcgis, kalo pengalaman guwe sih waktu melakukan georefrensing ini, guwe mengulanginya sampe beberapa kali soalnya laptop guwe yang kurang mendukung. Namun guwe ulang ulang terus dan alhamdulilah akhirnya bisa juga hehehe maklum laptop guwe udah uzur gan, oke sekian semoga bermanfaat, terimakasih.

Related Posts:

0 Response to "Cara Georeferencing Peta Jpg/Jpeg Menggunakan Arcgis"

Posting Komentar