Cara Menyetel Gitar Dengan Mudah

Cara Menyetel Gitar Dengan Mudah. Menyetel gitar merupakan bagian yang penting dalam bermain gitar, karena sebelum kita memainkan gitar, kita harus mengetahui bahwa nada nada antar senar gitar harus stem terlebih dahulu. Sebenarnya ada beberapa teknik menyetel gitar yang dapat dilakukan untuk  yaitu dengan melakukan berbagai cara seperti.


1. Menyetel gitar dengan menggunakan indera pendengaran (feeling), cara ini bisa dilakukan bagi yang sudah terbiasa menstem gitar dengan menggunakan feeling.
2. Menyetel gitar dengan cara menyamakan senar senar gitar dengan suara nada pada pada piano atau organ dan alat musik lainnya.
3. Menyetel gitar dengan menggunakan alat sperti garpu tala.

Dari berbagai cara cara untuk menstem gitar di atas, cara yang paling praktis yaitu menggunakan cara Menyetel gitar dengan menggunakan feeling kita selain itu melakukan hal ini juga dapat melatih feeling kita. Adapun caranya adalah sebagai berikut.

a. Putarlah pada senar 1 namun jangan terlalu kencang karena senar ini paling kecil dan sangat rawan putus ketika senat terlalu kencang/ tegang.
b. Kemudian setelah itu bunyikan senar 1 (los senar), lalu bunyikan lagi senar 2 dengan menekan senar pada kolom ke 5. Samakan bunyinya dengan senar 1 (los senar) sehingga yang jadi patokan senar 2 adalah senar 1. Artinya suara senar 2 yang ditekan pada kolom 5, suaranya sam dengan suara senar 1 (los senar).
c. Bunyikan senar 3 di tekan pada kolom ke 4, kemudian samakan suaranya dengan suara senar 2 (los senar).
d. Bunyikan senar 4 di tekan pada kolom ke 5, kemudian samakan suaranya dengan suara pada senar 3 (los senar).
e. Bunyikan senar 5 di tekan pada kolom ke 5, kemudian samakan suaranya dengan suara pada senar 4 (los senar).
f. Bunyikan senar 6 di tekan pada kolom ke 5, kemudian samakan suaranya dengan suara pada senar 5 (los senar).

Setelah itu kalian dapat mencoba memainkan beberapa chord seperti chord F, G atau C dan dengarkan baik baik suara dari senar senar gitarnya . jika suara senar gitarnya ada yang kurang pas atau kurang enak di dengar itu berarti terdapat senar yang belum stem dan kalian harus menyamakan lagi suara senar senarnya dengan lebih jeli mendengarkannya sehingga pada saat kalian mainkan dengan beberapa chord kedengaranya sudah enak. Jika kalian sering melakukannya lama kelamaan feeling kalian bisa terlatih sehingga dapat dengan mudah dalam menstem gitar.

Nah itulah sedikit pengalaman guwe yang bisa kalian jadikan tips cara belajar Menyetel gitar dengan mudah dan praktis tentunya, semoga bermanfaat terimakasih.

Related Posts:

0 Response to "Cara Menyetel Gitar Dengan Mudah"

Posting Komentar