Fungsi Hutan Kota

Fungsi Hutan Kota. Fungsi hutan kota sendiri sangat dipengaruhi oleh komposisi dan keanekaragaman dari komunitas vegetasi yang menyusunnya serta tujuan perancangan dari pembangunan hutan kota itu sendiri. Secara garis besar hutan kota memiliki fungsi yang dapat dikelompokkan menjadi tiga fungsi yaitu sebagai berikut.




A. Fungsi Lansekap
Fungsi lansekap ini meliputi fungsi fisik hutan kota serta fungsi sosial, yaitu sebagai berikut :
Fungsi fisik antara lain vegetasi hutan kota sendiri berfungsi untuk memberi perlindungan terhadap kondisi fisik alam sekitarnya seperti, sinar matahari, angin, suara, bau yang ditimbulkan dari asap kendaraan ataupun limbah, kesuburan tanah, tekstur tanah dan lainnya.

Fungsi lansekap yang meliputi fungsi sosial. Hutan kota yang baik dan memiliki susunan atau penataan vegetasi yang menarik dapat menjadi nilai tersendiri bagi siapa saja orang yang melihatnya. Tentu hal ini dapat dijadikan sebagai sarana atau tempat interaksi sosial yang sangat produktif. Contohnya seperti menjadi tempat olah raga di pagi hari, tempat bermain anak anak dan sebagainya.

B. Fungsi Sebagai Pelestari Lingkungan tanpa mengesampingkan fungsi-fungsi lainnya.
Dengan keberadaan hutan kota di suatu daerah dapat menjadikan udara yang ada di sekitar hutan kota akan menjadi lebih segar sehingga keberadaan hutan kota dapat berfungsi sebagai paru-paru kota itu sendiri. Di samping dari pada itu, kesegaran udara yang dihasilkan dari vegetasi dapat dapat menurunkan suhu kota yang di akibatkan dari aktivitas kendaraan bermotor dan mengingkatkan kelembaban.

Sebagai tempat hidup satwa
Sebagai perlindungan Permukaan tanah dari erosi pada saat terjadi hujan walaupun dengan intensitas yang tinggi
Sebagai pengendali dan mengurangi polusi udara di kota 
Peredam kebisingan yang di akibatkan dari suara kendaraan yang beraktivitas
Sebagai tempat pelestarian dan menjadi plasma nutfah
Mengembalikan kesuburan tanah melalui seresah atau dedaunan kering yang jatuh ke tanah

C. Fungsi Estetika

Dengan dibangunnya hutan di perkotaan tentunya hal ini menjadi pemandangan tersendiri bagi masyarakat kota pada umumnya yang lingkungannya dipenuhi dengan gedung gedung tinggi. Hal tersebut tentunya dapat menarik minat masyarakatuntuk mengunjungi atau hanya sekedar berekreasi ataupun ber olah raga.

Related Posts:

0 Response to "Fungsi Hutan Kota"

Posting Komentar