5 dampak buruk begadang bagi kesehatan kita

5 dampak buruk begadang bagi kesehatan kita. Siang hari menjadi kegiatan yang penuh dengan aktivitas kerja maupun belajar. Lalu idealnya malam hari kita akan istirahat agar tubuh kita terasa segar kembali di kesokan harinya. Saat itulah energi kita dipersiapkan kembali untuk kemudian bisa digunakan secara optimal keesokan harinya.

Namun ada salah satu kebiasaan buruk bernama begadang yang dapat mengancam itu semua. Bagi kita, istilah begadang merupakan hal yang umum dilakukan. Tapi perlu dikeahui bahwa ada dampak buruk yang ditimbulkan dari begadang atau kebiasaan yang diistilahkan dengan ngalong ini.

Malam seharusnya menjadi waktu untuk tubuh kita beristirahat setelah seharian melakukan aktivitas, seperti bekerja, belajar, maupun aktivitas lainnya.
efek negatif begadang
gambar: knkx.org


Tidur malam idealnya harus dilakukan selama delapan jam, hal itu bertujuan agar sistem kerja tubuh dapat berjalan maksimal pada keesokan harinya.
Nah, jika anda malah memanfaatkan waktu istirahat anda untuk begadang maka bersiaplah menerima hal-hal buruk dibawah ini:

1. Mudah lelah
Begadang dapat menimbulkan tubuh dan mental menjadi lelah, hal ini karena adanya paksaan untuk terus menerus bekerja tanpa ada jeda waktu untuk beristirahat yang cukup. Dampak dari kelelahan itu bisa berakibat gangguan kesehatan dan daya tahan tubuh kita akan menurun. Bahkan secara makro dapat memicu pada kegagalan tubuh dalam meproteksi diri.

2. Sakit Kepala
Kurang tidur yang terus menerus dapat berakibat pada kerusakan sel otak, keusakan ini kemudian menimbulkan gannguan pada kepala. Hal ini dikarenakan otak kurang mendapatkan waktu untuk istirahat. Jika diteruskan, maka aktivitas begadang dapat membuat kepala mengalami sakit berlebih dan mudah pusing.

3. Imsonia
Kebiasaan begadang dapat mempengaruhi pola tidur seseorang. Kemudian pola itu berubah dan seseorang akan susah tidur di waktu yang seharusnya ia tidur.

4. Kulit Pucat
Kamu kok pucat???? Abis begadang ya??? Pertanyaan ini kerap muncul kepada di pucat. Namun faktanya bahwa Kurang tidur malam / begadang dapat menimbulkan kulit pucat, mata bengkak, kulit kusam, garis-garis halus pada wajah dan lingkaran hitam di bawah mata atau sering disebut mata panda.

5. Anemia/ kekurangan darah
Terlalu sering begadang juga berpengaruh terhadap tekanan darah seseorang karena saat begadang, tubuh yang seharusnya beristirahat tetapi malah dipaksa untuk beraktifitas, akibatnya kepala sering mengeluh pusing ataupun berkunang kunang ketika akan beranjak berdiri setelah duduk hal ini disebabkan katrena tekanan darah menurun.

Related Posts:

0 Response to "5 dampak buruk begadang bagi kesehatan kita"

Posting Komentar